Mereka mungkin tidak menunjukkan "cincin api", tetapi mereka tetap spektakuler.

Sebagian besar A.S. melewatkan bagian "cincin api" dari gerhana matahari pertama tahun ini pada Kamis (10 Juni), tetapi beberapa bagian Pantai Timur menangkap gerhana matahari parsial yang menakjubkan untuk menebusnya.

Gerhana cincin 10 Juni sebagian besar terlihat di Kanada, Greenland dan Siberia, ditambah sepotong kecil Semenanjung Atas Michigan. Tetapi pengamat langit dalam jangkauan yang jauh lebih luas mampu menangkap gerhana dalam fase parsial. Di banyak daerah, gerhana parsial sejajar erat dengan matahari terbit, membuat tontonan yang sangat menakutkan.

Dua staf fotografer NASA bersiaga di ibu kota negara dan di Delaware untuk mengabadikan situs yang luar biasa itu. Bill Ingalls mengambil pemandangan dari Arlington, Virginia, di mana ia dapat menangkap pemandangan gerhana matahari terbit di sebelah gedung Capitol AS.

Sementara itu, Aubrey Gemignani menuju ke Pantai Lewes, Delaware, di mana ia membingkai foto-foto gerhananya di atas Mercusuar Delaware Breakwater.

(Image credit: NASA/Bill Ingalls)

Gerhana matahari terbit di atas Gedung Capitol A.S. pada 10 Juni 2021, dalam gambar dari fotografer NASA Bill Ingalls.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan melintas di antara matahari dan Bumi, tetapi ketika satelit kita relatif jauh dari Bumi dalam orbitnya, sehingga tidak dapat memblokir piringan penuh matahari. Hasilnya adalah apa yang disebut "cincin api" di sekitar lingkaran hitam bulan.

Seperti gerhana matahari total, gerhana matahari cincin hanya terlihat dari petak kecil Bumi, meskipun wilayah yang lebih besar akan dapat melihat peristiwa tersebut sebagai gerhana matahari sebagian. Tapi tanpa totalitas, tidak ada fase gerhana matahari cincin yang aman untuk ditonton tanpa pelindung mata, atau difoto tanpa filter matahari yang tepat.

Gerhana matahari berikutnya akan terjadi pada 4 Desember, tetapi totalitas hanya akan terlihat dari Antartika dan laut terdekat.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations